Instalasi Radiologi

Deskripsi Layanan
Unit Instalasi Radiologi memberikan pelayanan radiology khususnya untuk pemeriksaan rontgent dan USG. Unit ini ditangani oleh satu orang dokter spesialis radiology, 6 orang tenaga AKPRO, 1 orang lulusan D IV radiologi dan satu orang staf administrasi. Instalasi radiologi memberikan pelayanan selama 24 jam.

Fasilitas
Fasilitas yang disediakan pada Instalasi Radiologi meliputi alat maupun fasilitas yang mendukung Proses Radiology.

  1. USG (Ultrasonografi)
    RSU Negara memiliki 2 alat USG resolusi tinggi dengan kemampuan Doppler berwarna, sehingga mampu untuk melakukan pemeriksaan berbagai sistem organ seperti, payudara, testis, thyroid, parotis, abdomen atas-bawah, muskuloskeletal, ginjal, penuntun biopsy, bayi dan pembuluh darah.
     
  2. X-Ray
    Foto digital Rontgen yang langsung diolah sehingga lebih efisien dengan kemampuan digital spot imaging yang canggih. Hasil pemeriksaan terekam dalam memori dan dapat diolah secara digital menjadi radiografi yang bermutu tinggi. Alat ini digunakan untuk menegakkan diagnosa untuk penyakit pada saluran pencernaan, saluran kemih, pembuluh darah, saluran empedu, penyempitan organ kewanitaan, dll.
     
  3. Rontgen Gigi
    Dalam tindakan pemeriksaan radiologi, gigi adalah bagian tubuh manusia yang cukup sulit dijangkau, RSU Negara Menyediakan X-Ray Rontgen Gigi konvensional untuk melihat bagian detail dari susunan gigi. Tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan satu atau dua gigi yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, dengan rontgen gigi ini kita bisa melihat apabila gigi bermasalah sperti akar gigi sudah ada kelainan, ada tambalan yang kurang sempurna, ada gigi lubang yang tak terlihat dari luar, melihat posisi gigi yang tidak normal, dsb.
     
  4. CT Scan (Computed Tomography)
    CT Scan 128 slice dual source yang dimiliki Departemen Radiologi RSCM mampu memberikan gambaran dengan resolusi yang tinggi. sehingga mampu memvisualisasikan pembuluh darah jantung termasuk pembuluh darah verifier (CT Angiography). Alat ini mampu melakukan rekonstruksi organ secara 3D dengan waktu pemeriksaan yang sangat singkat. Selain itu, departemen radiologi mempunyai CT Scan dengan kekuatan lebih rendah, 64 slice MSCT untuk mendukung jumlah layanan CT Scan.

Jadwal Layanan Instalasi Radiologi
Senin s/d Minggu, Pukul : 24 Jam