Pelayanan Obstetri Neonatus Komprehensif (PONEK)

PROFIL RUANG BERSALIN

Deskripsi Layanan

Ruang Bersalin adalah layanan yang disediakan untuk memberikan pelayanan kepada ibu bersalin baik secara fisiologis maupun patologis sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SPO). Yang di dukung oleh fasilitas peralatan dan tenaga bidan yang profesional yang akan memberikan pelayanan secara maksimal untuk kasus obstetri dan ginekologi, dengan pelayanan 24 jam. Pada ruangan ini, terdapat 5 buah tempat tidur, terdiri dari 1 ruang bersalin dengan 3 tempat tidur, 1 buah tempat tidur isolasi, dan 1 buah tempat tidur observasi.       

Tujuan pelayanan ruang bersalin yaitu tercapainya pelayanan kesehatan ibu dan bayi yang bermutu pada pasien secara cepat dan tepat demi kepuasan pasien atau keluarga pasien dengan system pelayanan yang efektif dan efisien.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan pada Ruang Bersalin meliputi bed pasien, EKG, KTG, USG, Monitor Vital Sign, Radiant Heater, Pulse Oxymetry, Neo PAP dan alat maupun fasilitas lainnya yang mendukung pelayanan di Ruang Bersalin.

Ruang Bersalin dilengkapi dengan Ruang OK PONEK untuk menangani pasien gawat darurat maternal dan neonatal.

 

 

Pelayanan

Pelayanan Ruang Bersalin RSUD Negara Kota Jembrana dibuka selama 24 jam dengan kapasitas 5 buah tempat tidur, terdiri dari 1 ruang bersalin dengan 3 tempat tidur, 1 buah tempat tidur isolasi dan 1 buah tempat tidur observasi. Tim yang bertugas terbagi menjadi 3 Shift jaga. Satu shift jaga, terdiri dari 1 Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, 1 Dokter Spesialis Anak dan 4 Bidan yang sudah bersertfikasi kegawatan sesuai standar akreditasi.

 

Ketenagaan Ruang Bersalin

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginecologi      : 3 orang

Dokter Spesialis Anak                                                : 3 Orang

Bidan                                                               : 21 orang

Tenaga Administrasi                                      : 1 Orang

STRUKTUR ORGANISASI RUANG BERSALIN