Instalasi Gawat Darurat (IGD)

 20 April 2021    Dibaca: 2456 Pengunjung

Instalasi Gawat Darurat (IGD)

Deskrpisi Layanan

Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah layanan yang disediakan untuk kebutuhan pasien yang dalam kondisi gawat darurat dan harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan darurat yang cepat. Sistem pelayanan yang diberikan menggunakan sistem triage, dimana pelayanan diutamakan bagi pasien dalam keadaan darurat (emergency) bukan berdasarkan antrian.    

Tujuan dari IGD yaitu tercapainya pelayanan kesehatan yang optimal pada pasien secara cepat dan tepat serta terpadu dalam penanganan tingkat kegawatdaruratan sehingga mampu mencegah resiko kecacatan dan kematian. (To save life and limb).

 

Fasilitas
Fasilitas yang disediakan pada IGD meliputi pengananan gawat darurat meliputi, Emergency Obgyn, Bedah dan Non-Bedah. Emergency Obgyn menangani pasien gawat darurat untuk proses melahirkan dengan fasilitas Ruang Obgyn dengan disediakan bed pasien, EKG, USG, Monitor, DC Shock, dan alat maupun fasilitas lainnya yang mendukung IGD Emergency Obgyn.

Emergency Bedah dan Non-Bedah menangani pasien gawat darurat meliputi kecelakaan, sakit parah, dll. dengan fasilitas Ruang Bedah dan Non-Bedah yang difasilitasi bed pasien, obat-obatan, Monitor, DC Shock, Viewer Box dan alat maupun fasilitas lainnya yang mendukung IGD Emergency Bedah dan Non-Bedah.

 

Pelayanan

Pelayanan IGD RSUD Negara Kota Jembrana dibuka selama 24 jam dengan kapasitas 24 TT yang meliputi pelayanan di ruangan Triage, ruangan Area Kritis, ruangan Area Non kritis, ruangan Kebidanan, dan ruangan Isolasi. Tim yang bertugas terdiri dari 3 Dokter umum, 4 Perawat dan 2 Bidan yang sudah bersertfikasi kegawatan sesuai standar akreditasi

Ruangan Triage terdiri dari 2 (dua) tempat tidur, ruangan Area Kritis terdiri dari 4 (empat) tempat tidur, ruangan Area Non Kritis, Area Hijau terdiri dari 4 (empat) tempat tidur, Area Kuning 7 (tujuh) tempat tidur. Ruangan Kebidanan 2 (dua) tempat tidur disertai 1 (satu) tempat resusitasi bayi. Ruangan Isolasi terdiri dari 6 (lima) tempat tidur.

Tim Instalasi Gawat Darurat (IGD)

Dokter Umum   : 15 orang

Perawat             : 17 orang

Bidan                 : 14 orang

STRUKTUR ORGANISASI IGD